NUTRISI PEMBERSIH HATI



Merry Wahyuningsih – detikHealth  Rabu, 23/01/2013 07:35 WIB
Hati atau liver adalah salah satu organ vital dalam tubuh manusia, yang berfungsi menghasilkan enzim penting yang disebut empedu. Karena gaya hidup yang tak sehat, hati pun bisa 'kotor' dan rusak. Namun beberapa nutrisi bisa jadi 'tukang bersih-bersih' hati.
Kerusakan hati biasanya ditandai oleh komponen darah yang disebut bilirubin. Ini menunjukkan bahwa seseorang mungkin memiliki penyakit parah seperti penyakit kuning atau sindrom lemak hati, yang biasanya terjadi karena kebanyakan junk food, asupan lemak berlebihan dan juga akibat konsumsi alkohol.
Mengonsumsi makanan pembersih hati secara teratur dapat melindungu Anda dari penyakit seperti fatty liver atau pembesaran hati. Sebagai organ, hati memiliki kekuatan regeneratif yang luar biasa. Jadi bahkan jika Anda memiliki masalah dengan organ ini, makanan pembersih hati dapat membantu Anda menjadi lebih baik.
Berikut beberapa makanan yang bisa jadi 'tukang bersih-bersih' hati, seperti dilansir Boldsky, Rabu (23/1/2013):
1. Gandum utuh
Ketika Anda memiliki timbunan lemak di hati, ini akan menyebabkan fatty liver syndrome yang dapat menimbulkan implikasi kesehatan serius. Gandum utuh dengan limpahan vitamin B kompleks, dapat mempercepat metabolisme lemak umum di tubuh.
2. Minyak zaitun
Kandungan asam lemak omega-3 pada minyak zaitun adalah kolesterol baik yang dapat membantu metabolisme lemak lebih baik untuk menjaga hati yang sehat.
3. Bawang putih
Bawang putih memiliki banyak sifat pembersih. Dua komponen paling penting adalah allicin dan selenium, yang menjadikannya makanan pembersih hati yang efektif.
4. Apel
Apel tidak langsung dapat membersihkan hati. Namun kandungan pektin pada apel dapat membersihkan racun makanan di perut. Dengan demikian dapat mengurangi beban racun dari hati.
5. Sayuran
Kelompok sayuran seperti kembang kol, kubis, brokoli banyak mengandung glukosinolat (antioksidan) yang meningkatkan fungsi hati.
6. Alpukat
Alpukat membantu tubuh untuk memproduksi glutathione yang membantu hati membersihkan dirinya sendiri.
7. Jeruk
Hati dapat mendetoksifikasi dirinya sendiri dengan bantuan vitamin C. Dan jeruk memberi Anda jumlah vitamin C yang tepat untuk menghasilkan enzim pembersihan hati.
8. Kunyit
Kunyit banyak mengandung bahan kimia anti-inflamasi. Jadi jika Anda mengalami hati meradang, tidak ada salahnya makan makanan yang banyak mengandung kunyit.
9. Teh hijau
Teh hijau sering dianggap sebagai minuman luar biasa karena banyak manfaat kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah mengandung antioksidan yang disebut katekin, yang penting untuk membersihkan hati.
10. Lemon
Lemon mengandung banyak vitamin C murni yang membantu menghasilkan glutathione, yang merupakan agen pembersih untuk hati. Peras lemon ke dalam segelas air hangat dan minumlah saat kondisi perut masih kosong di pagi hari.
Diposkan oleh Harno di 14.56

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar